Sabtu, 13 Desember 2014

GM FABIANO CARUANA TENTANG KEJUARAAN DUNIA CATUR 2014

Setelah Magnus Carlsen berhasil mempertahankan gelar Juara Dunianya melawan Viswanathan Anand, pecatur Italia GM Fabiano Caruana (FC) yang sekarang berusia 22 tahun dan dianggap merupakan penantang paling kuat Carlsen dimasa mendatang, diwawancarai oleh Vlad Tkachiev (VT) yang meminta komentarnya tentang dwitarung itu.
VT: Fabiano, apa yang terjadi hari ini di partai ke-11?
FB: Anand sedang berusaha untuk mendapatkan posisi yang tajam, karena dia telah mencoba sebelumnya dengan jalur 9 ... Ke8, 10 ... h5. Masalahnya adalah ia bermain buruk dibanding lawannya dan ia tidak mampu mengatasi komplikasi dan situasi rumit yang di timbulkannya.
VT: Tetapi bagaimana anda menjelaskan langkah Anand 27 ... Rb4?
FC: Nah, itu mungkin langkah yang ingin anda buat dalam blitz.
VT: Mengapa Anand tidak mencari remis dan mengambil peluangnya pada partai terakhir dengan buah Putih?
FC: Vishy mungkin tidak percaya pada kemungkinan mengalahkan Magnus di partai penentuan. Bahkan satu-satunya kemenangannya dalam dwitarung ini terjadi karena Carlsen memilih variasi yang mengerikan. Dalam laga tersisa ia bukannya semakin mendekat, terlihat dia tidak benar-benar percaya pada peluangnya untuk berhasil dalam partai terakhir.
VT: Tetapi tetap, 27 ... Rb4 adalah langkah gila!
FC: Ya, tampaknya pada saat itu Anand telah kehilangan kendali atas sarafnya.
VT: Apakah anda pikir Vishy akan mencoba lagi ikut kualifikasi untuk menantang Carlsen kembali?
FC: Saya hampir yakin bahwa hal itu akan terjadi. Pada akhirnya, itulah pendekatan profesional, dan saya tidak berpikir Vishy saat ini sedang mempertimbangkan pilihan untuk pensiun dari catur.
VT: Apakah anda menilai Anand punya peluang menang sebelum pertandingan?
FC: Dia mendapat hasil yang baik tahun ini dan di Dubai selama berlangsungnya Kejuaraan Catur Dunia Blitz dan Rapid, ia terlihat lebih terinspirasi dibanding apa yang didapatkannya selama beberapa tahun terakhir.
Namun demikian, Magnus sekarang jelas lebih kuat.
Sebelum pertandingan, saya menyebut nama Magnus sebagai favorit, meskipun semua partainya tidak selalu berjalan dengan mulus. Pada partai ke-3 ia dikalahkan oleh persiapannya yang buruk, tapi secara keseluruhan dia tidak pernah masuk ke dalam bahaya yang serius di Sochi.
VT: Apakah Anda pikir titik balik dwitarung ini adalah partai ke-6, ketika Anand gagal melihat 26 ... Nxe5? (Carlsen melakukan langkah blunder dengan 26.Kd2)
FC: Itu merupakan pukulan berat bagi Anand, tentu saja, tetapi situasi yang muncul benar-benar terjadi secara kebetulan. Apa yang aneh menurut saya adalah saat Anand memilih variasi pembukaan dengan transisi yang membawanya ke permainan akhir yang buruk.
Variasi itu, semua sudah dikenal. Dan itu juga jenis posisi di mana Magnus sangat kuat. Hanya itu yang bisa dijelaskan. Jika anda gagal untuk melihat kemenangan dalam satu langkah, tentu saja, sulit untuk mengharapkan lebih banyak dari partai tersebut.
VT: Apa kesalahan utama Vishy dalam dwitarung ini?
FC: Cara yang aneh, di mana ia dua kali memainkan Pertahanan Sisilia. Meskipun pada percobaan pertama tidak memberikan hasil baik, tetapi ia terus mencoba lagi untuk kedua kalinya. Ide bermain Sisilia Paulsen sangat buruk dan sangat aneh, dalam pandangan saya. Seluruh jalannya pertandingan di Sochi menunjukkan bahwa tidak ada yang istimewa dari persiapan Carlsen menghadapi Berlin dan Vishy malah terjebak sendiri dengan senjatanya ini.
VT” Apakah hasil dwitarung ini mengejutkan anda?
FC: Tidak, kecuali kesalahan tidak menjalankan 26 ... Nxe5 pada partai ke-6 dan yang lainnya kurang lebih berjalan normal. Tetapi saya pikir, hal-hal seperti itu lumrah terjadi, misalnya, tidak melihat mat dalam beberapa langkah seperti partai ke- 2 Topalov-Kramnik. Itu contoh lain cara sebuah pertandingan berakhir begitu tiba-tiba. Saya tadinya mengharapkan hasil imbang di partai ke-11 dan menyaksikan pertarungan hebat terjadi di partai ke 12.
VT: Apakah anda pikir anda akan mampu menghadapi tekanan mental yang sangat besar dalam pertandingan Kejuaraan Dunia?
FC: Sulit bagi saya untuk mengatakan karena saya belum pernah bermain di tingkat itu. Saya pikir saya harus tetap tenang dan fokus, tetapi sampai anda sendiri menjalani situasi seperti ini tidak mungkin untuk memberikan penilaian.
VT: Apa yang Anda anggap kelemahan utama Carlsen?
FC: Dia dianggap sebagai pemain spesialis babak akhir terbaik, tetapi ketika dia dipaksa untuk bertahan dia tidak lebih kuat dari pemain top lainnya.
Titik lemahnya di masa lalu adalah dalam pembukaan dan ia memiliki masalah dengan pemain yang memiliki prinsip kuat dalam memainkan jalur utama, misalnya dengan Kramnik (Sebenarnya, Vishy juga terkenal kuat karena punya pendekatan seperti itu dalam pembukaan).
Kemudian, Magnus mulai memperhatikan hal ini dan melakukan banyak pekerjaan rumah untuk memperbaikinya.


Secara keseluruhan, Anda dapat bermain lebih bagus dari dia di berbagai jenis posisi jika anda bermain kuat. Ya, itu memang tidak mudah, tapi itu mungkin.
VT: Apakah anda tidak melihat bahwa banyak pemain - terutama Anand - mengalami masalah psikologis yang besar saat bermain melawan Carlsen?
FC: Ya, hal itu sudah diperlihatkannya dengan jelas di Chennai tahun lalu. Saya melihatnya lebih awal pada tahun 2013, ketika mereka bermain di Tal Memorial dan Magnus memilih Pertahanan Nimzowitsch untuk Putih dengan 4.e3 dan 5.Nge2. Vishy sangat gugup sebelum dan juga selama pertandingan. Jadi saya pikir dia memiliki kerentanan psikologis tertentu ketika menghadapi Carlsen.
VT: Jika dwitarung berlangsung tidak hanya dalam catur klasik tetapi juga dalam catur cepat akankah peluang Anand lebih besar?
FC: Tentu saja dalam hal ini semuanya akan menjadi lebih tak terduga, meskipun pada prinsipnya saya anggap Carlsen lebih kuat dalam catur cepat. Secara pribadi, lebih nyaman bagi saya untuk bermain melawan Carlsen dalam "catur lambat".
VT: Meskipun faktanya anda sudah pernah mengalahkan Magnus baik di catur cepat maupun blitz?
FB: Meskipun saya menganggap diri saya seorang pemain catur cepat yang layak, tetapi saya jauh lebih nyaman bermain di blitz. Dalam kedua catur itu skor saya melawan Carlsen tidak terlalu baik, walaupun tentu saja, saya akan terus berusaha untuk mengalahkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar