Selasa, 25 November 2014

Babak ke-10 Kemenangan Carlsen Yang tak kunjung Tiba

Kejuaraan Dunia catur 2014 memasuki babak kritis dengan hanya menyisakan 2 babak lagi . Magnus Carlsen masih terus memimpin dengan 5,5 - 4,5 dalam dwitarung yang direncanakan berlangsung 12 babak. Satu kemenangan lagi, maka pahlawan muda Norwegia ini akan mempertahankan gelarnya.
Babak ke-11 akan dimainkan pada hari Minggu dengan pemain mendapat kesempatan untuk beristirahat pada hari Sabtu. Jika babak ke-11 berakhir seri, maka kita akan menonton film thriller babak ke- 12 pada hari Senin.
Seluruh dunia sekarang berpihak kepada Carlsen kecuali rakyat India. Tak henti-hentinya mereka berdoa untuk kemenangan Anand. Mereka menyebutnya: “Brave Soldier,” serdadu pemberani yang sedang berjuang membela harkat dan martabat India.
Berapakah penduduk India sekarang? Menurut sensus tahun 2014 ada sekitar 1.236. miliar orang. Sementara jumlah orang yang bermain catur di seluruh dunia menurut klaim FIDE ada sekitar 600 juta orang. Nah, doa siapa yang lebih kuat?
Bagi saya pribadi, Viswanathan Anand telah berhasil membawa dwitarung ini kearah situasi yang menegangkan. Siapa bilang Carlsen akan pasti menang? Kedua pemain masih punya kesempatan yang sama walaupun Anand tertinggal 1 poin.
Memang begitulah seharusnya dwitarung berlangsung agar partai selanjutnya tetap menarik untuk ditonton.
Berbeda dengan pertemuan pertama mereka di India tahun lalu, Anand benar-benar tidak berkutik sama sekali dan menyerahkan mahkota Juara Dunianya kepada Carlsen hanya dalam 10 babak dengan skor: 6,5 – 3,5. Anand bahkan tidak pernah menang dalam dwitarung itu.
Susan Polgar membela strategi dan gaya bermain Anand. Menurutnya, para fans Anand perlu mempertimbangkan posisi Anand sebelum melontarkan kritik karena tidak berani mengambil resiko atau bermain “gila” dengan bermain super tajam.
Karena lawannya juga seorang pecatur hebat yang bermain nyaris seperti komputer, sangat presisi dan super akurat. Tidak ada tempat bagi yang salah meskipun hanya satu langkah.
Jika ia mengambil risiko terlalu banyak dan kalah, maka dwitarung praktis berakhir. Sangat mudah bagi penggemar di rumah dengan mesin komputer di depan mata untuk berteriak agar Anand bermain lebih agresif karena tidak ada yang mereka pertaruhkan. Sebagai mantan Juara Dunia lima kali, semua situasi ini sudah masuk dalam kalkulasinya.
Terbukti sejauh ini Magnus Carlsen juga mengalami kesulitan untuk menembus pertahanan Anand. Bahkan dalam partai ke-9, kita seperti tidak mengenal Carlsen lagi karena menyetujui remis hanya dalam 20 langkah dengan Putih.
Seperti dikatakannya dalam konferensi pers, ia tidak punya ide sama sekali untuk meneruskan pertandingan sampai babak akhir. Bayangkan, Carlsen yang selalu bermain untuk menang meskipun harus bermain marathon selama 100 langkah setuju dengan remis singkat? Bukankah ini membuktikan bahwa persiapan Anand juga sangat baik?
Berikut adalah jalannya pertandingan babak ke 10 yang dipandu dan dikomentari oleh Susan Polgar secara langsung dan kali ini ditemani oleh GM Ramesh RB serta dimuat di FB dan blog pribadinya.
Putih : GM Viswanathan Anand (2792)
Hitam: GM Magnus Carlsen (286 3)
Wch 2014 (10) 21.11.2014, Sochi, Rusia
1. d4 Nf6 2. c4 g6 3. Nc3 d5 4. Nf3 Bg7
Kita disuguhi Grunfeld yang lain.
5. Qb3 dxc4 6. Qxc4 O-O 7. e4 Na6 8. Be2 c5 9. d5 e6 10. O-O exd5 11. exd5 Re8
Kedua pemain melangkah sangat cepat. Dalam posisi ini 12.Rd1 telah dimainkan Anand sebelumnya yang merupakan jalur paling populer dalam variasi ini. Pertanyaannya, apakah Anand mempunyai langkah kejutan?
12. Bg5
Anand menghabiskan waktu untuk langkah ini, menyimpang dari apa yang pernah dimainkan sebelumnya. Pertempuran akan terjadi untuk memperebutkan bidak d. Ini bukan langkah baru dan juga bukan merupakan langkah yang populer.
12...h6
Carlsen masih diwilayah persiapan rumahnya dan ia bermain cukup cepat. Kita sedang mengikuti partai Wojtaszek – Ponomariov yang pernah dimainkan sebelumnya.
13. Be3
Kita beruntung menyaksikan permainan agresif dari Carlsen yang tidak memilih variasi aman.
13...Bf5
Apakah Anand mengikuti ide GM Wojtaszek menempatkan 14. Rad1. Sangat menarik untuk dicatat bahwa Wojtaszek berada di tim sekondan Anand. Jadi kita bisa mengharapkan untuk melihat beberapa idenya dalam partai ini.
14. Rad1
Anand mengikutinya. Langkah sebelumnya yang populer adalah Qb6.
14...Ne4 15. Nxe4
Ada dua pilihan Hitam disini, mengambil dengan Gajah atau Benteng. Carlsen memilih dengan Gajah. 15…Rxe4 terlihat sedikit lebih masuk akal karena Hitam akan mendapatkan tempo menyerang Menteri Putih. Dalam pertandingan yang sangat penting, kedua kubu saling menebak langkah mana yang akan dipilih lawan. Bahkan meskipun mereka sudah tahu variasinya, tetap dibutuhkan waktu untuk memastikan agar mereka tidak salah mencampur langkah.
15...Bxe4
Carlsen menghabiskan banyak waktu disini. Langkah ini tidak sekuat 15 ... Rxe4. Carlsen diketahui kadang-kadang sengaja memilih langkah yang inferior untuk memancing lawannya keluar dari jalur utama.
Saya pikir fans di India harus senang bahwa Anand memiliki posisi yang lebih dinamis dan mencoba bermain untuk menang. Anand jelas memahami pentingnya pertandingan ini. Inilah sebabnya mengapa ia mengambil waktu untuk berpikir dan memeriksa semuanya dengan sangat hati-hati.
16. Qc1 Qf6
Dua pilihan Anand disini adalah 17. Bxh6 atau 17. d6.
17. Bxh6 Qxb2
Anand tidak bisa menghindari pertukaran Menteri. Carlsen adalah maestro babak akhir meskipun usianya masih muda. Tapi ini adalah posisi menuju babak akhir yang potensial untuk digarap Anand dalam meraih kemenangan.
18. Qxb2 Bxb2 19. Ng5!
Ini pilihan langkah terkuat. Carlsen harus bekerja keras untuk bertahan disini. Ada beberapa masalah di atas papan untuk dipecahkan. Carlsen tahu, ini adalah posisi genting sehingga ia mengambil waktu berpikir untuk mengevaluasi semua pilihan yang tersedia.

Magnus sendiri mengatakan dalam konferensi pers, "Setelah 19. Ng5 saya merasa tidak punya pilihan yang mudah lagi. Tidak banyak panduan yang jelas untuk menghadapi langkah itu."
19...Bd4 20. Nxe4 Rxe4 21. Bf3 Re7
Meskipun putih sangat nyaman, kecuali Carlsen membuat kesalahan, ini tidak cukup bagi Anand untuk menang.
22. d6 Rd7 23. Bf4
Kemungkinan langkah Hitam adalah 23… Nb4 mengancam bidak a2 atau kembali ke c6. Kuda akan menganggur di petak a6.
23...Nb4
Apa yang harus dilakukan oleh Putih? Melindungi bidak dengan 24.Rd2 atau mengusir Kuda itu dengan a3?
24. Rd2 Re8
Inisiatif Putih menyusut. Anand masih lebih baik tetapi tidak terlalu banyak. Saya masih percaya Carlsen akan terus bermain dengan akurat.
25. Rc1 Re6 26. h4 Be5 27. Bxe5 Rxe5 28. Bxb7 Rxb7 29. d7 Nc6 30. d8=Q+ Nxd8 31. Rxd8+ Kg7 32. Rd2
Sampai disini kedua pemain setuju untuk remis.

Berikut analisa GM Daniel King :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar