Selasa, 25 November 2014

REAKSI GRANDMASTER ATAS KEMENANGAN CARLSEN

GM Maurice Ashley (MA) mewawancarai Hikaru Nakamura (HN) dan Levon Aronian (LA) setelah partai ke -3 yang berakhir remis dalam dwitarung mereka di St Louis, Amerika Serikat.
Ashley meminta keduanya untuk memberikan komentar setelah Carlsen memenangkan partai ke-11 Kejuaraan Dunia 2014 melawan Anand. Kemudian ada sedikit pendapat Sergey Karjakin.
HIKARU NAKAMURA
MA: Apa pendapat anda tentang kemenangan Magnus Carlsen yang berhasil mempertahankan gelarnya? Apakah itu sudah diprediksi?
HN: Saya pikir itu sudah diprediksi dalam arti Magnus akan memenangkan dwitarung. Tetapi kualitas permainannya sangat buruk, benar-benar buruk, atau mungkin Anand yang bermain dengan sangat baik. Misalnya, kesalahannya di partai 6, yang dimenangkannya, sangat tidak seperti biasanya dan dia juga mengalami kesulitan saat memegang Putih.
Jadi Magnus melakukan apa yang dia inginkan, dia berhasil keluar dari tempat yang sulit, tetapi saya kira saya akan mengatakan bahwa dramanya jauh lebih inspiratif saat dwitarung mereka tahun lalu.
MA: Tetapi sekarang dia Juara Dunia dan akan terus menyandangnya selama beberapa tahun ke depan sementara anda sekarang sedang berjuang untuk menjadi penantang dengan menjadi salah satu peserta siklus Kejuaraan Dunia.
HN: Saya harus bermain baik terlebih dahulu di beberapa putaran pendahuluan, jalan masih panjang di depan.
MA: Apakah anda optimis mengenai peluang anda?
HN: Saya bermain baik dalam dua putaran Grand Prix. Saya masih harus menghadapi satu lagi bulan Mei 2015 yang waktunya masih sangat jauh. Selain itu saya juga bermain di Piala Dunia, jadi saya pasti akan memiliki lebih banyak kesempatan. Tetapi apapun itu, saya pikir semua orang ingin melihat penantang berikutnya adalah orang yang berbeda.
LEVON ARONIAN
MA: Magnus Juara Dunia lagi. Apa yang anda pikirkan tentang dwitarung itu?
LA: OK, saya berpikir bahwa Vishy sudah lebih siap kali ini, tetapi dia masih kesulitan menghadapi Magnus, karena Magnus seorang pecatur yang berasal dari generasi yang berbeda. Apapun itu, catur terus berkembang, jika anda amati, pecatur terbaik di dunia… saya menganggap Kasparov masih menjadi pemain terbaik di dunia, tetapi setiap kali saya melihat dia menganalisis bersama pemain dari era modern, pemahamannya sangat berbeda. Sangat sulit bahkan untuk pemain terbesar di dunia…
Permainan catur terus berkembang, jadi itu sebabnya saya pikir akan sulit bagi Anand untuk bertarung melawan Magnus. Sejarah menunjukkan dia memiliki nilai buruk saat bermain melawan pemain dari generasi sekarang.
Jika anda menyaksikan pemain basket Michael Jordan bermain dengan pemain era sekarang, dia juga bukan pemain terbesar dunia... mungkin.
MA: Wah, fans Chicago Bulls akan berteriak mendengar pendapat anda ini. Apa yang anda pikirkan mengenai kualitas dwitarung ini sendiri?
LA: Itu cukup bagus, karena di Kejuaraan Dunia tidak ada kualitas. Saya belum pernah melihat pertandingan Kejuaraan Dunia hadir dengan partai berkualitas. Ini sangat jarang.
MA: Benarkah?
LA: Tentu saja, memang itu pertarungan dua pemain terbaik, tetapi mereka over prepared (persiapannya berlebihan), mereka bekerja sangat keras sehingga mereka mudah melakukan kesalahan saat pertandingan karena mereka tidak segar. Saya tidak berpikir saya pernah melihat partai yang benar-benar… benar-benar sangat baik saat pertandingan Kejuaraan Dunia.
Pertandingan yang benar-benar berkualitas dengan kedua pemain bermain sangat baik seperti itu hanya terjadi dalam sebuah turnamen reguler.
MA: Apakah anda mengatakan kita harus menghapus Kejuaraan Dunia?
LA: Tidak, saya tidak mengatakan demikian. Saya hanya mengatakan bahwa anda tidak bisa benar-benar berharap para pemain yang memiliki begitu banyak tekanan pada mereka untuk menampilkan yang terbaik.
Sumber: Chess24
SERGEY KARJAKIN
Jika Vishy memaksa dirinya, maka semua kekuatannya akan dikerahkan, tetapi dia tidak memaksa Carlsen bermain maksimal. Masalah Anand adalah bahwa dia mendapat posisi yang menjanjikan dan kemudian membiarkannya tergelincir. Jika, katakanlah dua pertandingan terakhir tidak melawan Magnus tetapi melawan orang lain ia akan mengambil 1,5 poin bukan 0,5.
Dia tidak bermain dengan baik secara mental, dan kekalahan terakhir tidak mencerminkan kekuatan caturnya. Partai ke-11 secara jujur adalah kekalahan bodoh (R-Sport)
CATATAN TAMBAHAN
Meskipun kalah, Anand masih berpeluang untuk tampil kembali sebagai penantang Carlsen dalam Kejuaraan Dunia 2016 jika dia mampu menjuarai turnamen Kandidat yang diikuti 8 pemain yang waktu dan tempatnya belum ditentukan oleh FIDE. Ke delapan pemain itu adalah:
• The runner-up of the 2014 World Championship: Viswanathan Anand
• Two qualifiers from the FIDE Grand Prix 2014–15.
• Two qualifiers from the Chess World Cup 2015.
• Two qualifiers by rating.
• An Organizer's Nominee.
Jadi pemain lain yang banyak mengkritik Anand harus membuktikan bahwa mereka lebih pantas berhadapan dengan Carlsen dibanding pecatur India itu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar