Senin, 24 November 2014

Carlsen Menang Pada Babak Ke-6 WCH Sochi

Berikut adalah ulasan pertandingan babak ke-6 antara juara dunia Magnus carlsen melawan Vishy anand yang berlangsung di Sochi Russia.

BABAK 6: CARLSEN BLUNDER TAPI MENANG
Jantung para pendukung Anand sempat berhenti berdetak saat Carlsen melakukan langkah blunder 26.Rd2 yang memungkinkan Anand melakukan pukulan taktis dengan 26…. Kxe5!.
Tetapi Anand luput melihat langkah ini dan kesempatan menang yang sudah di depan matapun melayang ke langit ketujuh.
Bagi seorang pecatur yang pernah mengalami kekalahan seperti ini, tidak melihat langkah menang yang sedemikian terang benderang di depan mata, pasti sangat memahami kalau Anand tidak akan bisa tidur malam tadi dan mungkin sampai berbulan-bulan ke depan.
Pecatur kenamaan Rusia GM Vladimir Kramnik saat ditanya bagaimana caranya memulihkan diri dari kekalahan seperti ini mengatakan: “ Pengalaman saya, anda tidak akan pulih”.
Seusai pertandingan, dalam konferensi pers keduanya ditanya mengenai blunder yang “paling buruk” yang pernah terjadi dalam Kejuaraan Dunia seperti yang dikatakan Garry Kasparov dalam twitternya.
Magnus Carlsen:”Segera setelah saya membuat langkah itu, saya menyadari bahwa saya sangat beruntung tidak kalah.”
Viswanathand Anand:” “Ketika Anda tidak mengharapkan hadiah, kadang-kadang anda tidak akan menerimanya. Ini adalah partai yang mengerikan.”
Baiklah, daripada terlalu banyak pengantar, inilah partai keenam yang membuat heboh itu. Partai ini dikomentari oleh Susan Polgar, Juara 5 kali Olimpiade dan 4 kali Juara Dunia, dan dimuat di akun FB serta blognya.
Putih : GM Magnus Carlsen (2863)
Hitam : GM Viswanathan Anand (2792)
Wch 2014 (6) 15.11.2014 Sochi Rusia
1 e4 c5
Sisilia lagi!
2. Kf3 e6 3. d4
Carlsen menyimpang dari partai keempat, saat itu ia memilih langkah 3.g3
3… cxd4 4. Kxd4 a6 5. c4 Kf6 6. Kc3 Gb4 7. Md3
Ini adalah jalur utama. Anand juga memainkan jalur ini saat pegang Putih, jadi kedua pemain mengenal pembukaan ini dengan baik.
7 … Kc6 8. Kxc6 dxc6 9. Mxd8 Rxd8
Kedua pemain melangkah sangat cepat disini.
10. e5
Dan sekarang 10 … Ke4, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari posisi Hitam.
10 … Kd7 (Diagram)

Saya terkejut melihat Anand menjalankan langkah pasif ini. Tetapi karena Anand melakukannya dengan cepat sehingga saya boleh merasa yakin bahwa semua ini masih dalam persiapan Anand.
11. Gf4
Anand menghabiskan sebagian besar waktunya disini. Penasaran menyaksikan bahwa ia berpikir lama saat partai masih berada di wilayah teori pembukaan. Apakah Anand lupa persiapannya?
11 … Gxc3 + 12. bxc3 Rc7
Putih memiliki sepasang Gajah tetapi ada bidak tumpuk di c. Hitam tidak bisa memindahkan Ba8 dari posisinya yang sempit. Putih sedikit lebih baik di sini tapi Hitam juga tidak ada masalah.
Menurut pendapat saya, Anand akan senang dengan remis sebagai Hitam di partai ini.
13. h4 b6 14. h5
Partai ini mengingatkan saya pada pertandingan tinju antara Muhammad Ali dengan Foreman tahun 1974 yang terkenal dengan istilah: Rumble in the Jungle Rope-A-Dope. Ali hanya bersandar di tali ring dan mengundang Foreman datang untuk memukulnya. Anand bersifat menunggu dan mempersilahkan Carlsen datang untuk menggempurnya.
14 … h6
Saya bukan penggemar langkah ini. Bidak g7 bisa menjadi target serangan Carlsen nanti. Hitam masih OK tapi Carlsen akan memiliki ruang untuk menekan.
15. 0-0-0 Gb7
Ide Carlsen sederhana: Bd3 - Bg3 dan menciptakan tekanan pada sayap Raja terutama bidak g7.
16. Bd3
Untuk mempertahankan g7, Anand akan memindahkan salah satu Bentengnya ke g8. Jangan Benteng h8 yang dipindahkan sebab Putih punya Gd3-Gh7, yang akan menyerang Benteng itu.
Saya masih mengatakan posisi ini sedikit lebih baik untuk Putih, tetapi tidak ada ancaman yang sangat serius. Begitupun, ini adalah jenis posisi yang disukai Carlsen.
Kunci untuk Anand dia harus sepenuhnya fokus pada setiap langkah karena Carlsen akan memanfaatkan setiap inisiatif sekecil apapun.
16. c5 17. Bg3 Bag8 18 Gd3
GM Fabiano Caruana mengatakan: “Posisi pasif dan sangat tidak menyenangkan untuk Anand - sesuatu sedang berjalan kearah yang salah ….”
18 … Kf8
Rencana Carlsen berikutnya adalah f3, kemudian Bh4-Bhg4 untuk menggedor g7.
19. Be3
Mungkin Anand ingin membuktikan kepada dirinya sendiri bahwa ia mampu meladeni Carlsen dengan tipe posisi seperti ini, meskipun ini adalah jenis posisi yang sangat disukai Carlsen.
19 … g6 20. hxg6 Kxg6
Satu-satunya langkah Anand. Langkah lain akan menghasilkan kemenangan bagi Carlsen hari ini.
21. Bh5! (Diagram)
Ide Bh5 sederhana. Bidak h6 itu lemah dan Carlsen menginginkannya untuk tetap di sana. Ini adalah posisi yang tidak menyenangkan bagi Anand.
21 … Gc6
Sekarang Carlsen memiliki langkah tempo 22. Gc2. Dalam berbagai variasi di mana jika Kxe5, Gajah ini tidak langsung diserang.
22. Gc2
Saya minta maaf untuk mengatakan bahwa Anand tidak bisa tenang dengan posisinya saat ini. Terlalu banyak hal yang bisa dilakukan Putih, sementara sangat sedikit pilihan untuk Hitam.
22 … Rb7
Putih masih memiliki keunggulan kecil. Tetapi masalah utama adalah lebih mudah untuk bermain dengan Putih daripada Hitam disini. Rencana Putih adalah mengkonsolidasi bidak g2 dan e5 dan kemudian memukul bidak h6.
Adapun Anand, ia harus menemukan cara untuk menjaga ketegangan dan tidak membiarkan Carlsen perlahan-lahan membangun posisi untuk keunggulannya.
23. Bg4
Anand hanya sedikit lebih buruk. Masalahnya bukan soal posisi tetapi jenis posisi. Ini adalah salah satu posisi yang mendukung gaya Carlsen.
23 … a5
Langkah ini bersifat menunggu untuk melihat apa yang akan dilakukan Carlsen selanjutnya.
24. Gd1
Idenya adalah untuk melindungi benteng g4. Carlsen perlahan-lahan membangun tekanan untuk membuka sumbat pada h6.
24 … Bd8 25. Gc2 Bdg8
Pendekatan Carlsen sangat unik. Dia melihat posisi seperti serangkaian teka-teki kecil yang ia coba untuk dipecahkan satu per satu. Anand terlihat seperti seorang pemain catur tradisional dengan persiapan yang baik dan sangat memahami catur dari segala aspek. Gaya yang sangat kontras.
26. Rd2?? (Diagram)

Diagram ini menjadi trending topic world wide! Ini adalah langkah blunder terbesar yang dilakukan Juara Dunia ini, karena akan datang 26 … Ke5! dan Magnus Carlsen akan berada dalam masalah besar!
Anand memiliki kesempatan menang dengan 26 … Kxe5 27. Bxg8 Kxc4 + 28. Rd3 Kb2 + 29. Re2 Bxg8 30. bxh6 dan Carlsen akan berada dalam kesulitan.
26 … a4
Anand membuat langkah ini tanpa berpikir.. Kesalahan besar!, sekarang Carlsen jauh lebih baik setelah 27. Re2. Putih mujur lolos dari maut.
27. Re2 a3 28. f3
Sekarang Magnus kembali di jalur yang tepat untuk memanfaatkan posisi ini.
28 … Bd8
Saya pikir Anand akan kalah sekarang, terlalu banyak kelemahan. Apakah ini titik balik dari partai ini? Luar biasa! Bidak h6 dan a3 adalah bidak yang bermasalah untuk Anand. Saya masih tertegun tentang apa yang sebenarnya terjadi! Situasi seperti ini tidak begitu sering terlihat di tingkat atas, 2 pemain top dunia melakukan blunder mengerikan.
29. Re1 Bd7
Putih akan bermain 30. Gc1 dengan banyak ancaman. Bidak a3 dan h6 sangat rapuh.
30. Gc1 Ba8
Saya penasaran tidak mengetahui rencanana Anand. Saya tidak mengerti ide mendorong bidak ke a3 yang memberinya kelemahan lain. Mengapa ia memberi kesempatan kepada Carlsen untuk bermain dengan gayanya?
31. Re2 Ga4 32. Ge4 + 33. Gc6? (Diagram)

33. Gxg6! fxg6
Putih akan kalah dua bidak tetapi Gajah yang berlainan warna masih menyisakan berbagai kemungkinan.
34. Bxg6 Ga4
Sekarang akan saya berikan Putih 80% untuk memenangkan partai ini. Saya tidak melihat Anand bisa selamat disini.
35. Bxe6
Jika 34 … Gd1 kemudian Gxa3. Putih masih menang. GM Vladimir Kramnik mengatakan: “Ini sangat menyakitkan”, ketika ia menggambarkan posisi Anand saat ini.
35 … Bd1 36. Bxa3
Carlsen bersedia untuk menyerahkan Gajahnya untuk sekelompok bidak. Tidak ada kesempatan Hitam untuk bertahan.
36 … Ba1 37. Re3 Gc2 38. Be7 + 1-0

Ini adalah pukulan yang menghancurkan bagi Anand. Dia memiliki kemenangan di tangannya tetapi tidak mengambilnya. Anand adalah juara besar, dia akan kembali setelah kekalahan ini.
Jika dia bisa melawan seperti Harimau tanpa rasa takut, ia masih memiliki kesempatan. Tetapi jika Anand meragukan dirinya, maka dwtarung ini boleh dikatakan sudah berakhir.
Hanya ia yang bisa menyelamatkan kapalnya, tetapi ia harus berjuang seperti tidak ada lagi hari esok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar