Selasa, 25 November 2014

Nakamura vs Aronian di Saint Louis

Bosan dengan dwitarung Carlsen vs Anand yang kelihatannya mulai menjemukan itu, sekarang waktunya menonton duel lain.
Klub catur “Chess Club and Scholastic Center di Saint Louis, AS tidak henti-hentinya memberikan suguhan tontonan catur kelas dunia kepada siswa-siswi klub caturnya.
Setelah sukses menggelar turnamen berkualitas tinggi the Sinquefield Cup yang diselenggarakan bulan September lalu dan diikuti oleh 6 pemain papan atas dunia termasuk Magnus Carlsen dan Fabiano Caruana yang tampil spektakuler di turnamen ini, kembali dua pecatur top 10 dunia diundang untuk bertarung satu lawan satu di klub milik konglomerat Rex Sinquefield ini


GM Super AS Hikaru Nakamura akan bertarung head to head melawan GM Levon Aronian, pecatur kebanggaan Armenia di St Louis, USA tanggal 22-25 November nanti.
Pertandingan akan berlangsung dalam 5 putaran. Empat putaran dalam format catur klasik, dan satu putaran lagi berupa 16 partai blitz. Mereka berdua akan berebut bagian terbesar dari hadiah total USD.100.000,- (sektar Rp.1,2 M)
Nakamura, peringkat 9 dunia saat ini sedang berburu tiket calon penantang Juara Dunia berikutnya melalui siklus FIDE Grand Prix 2014-2015. Ia sementara berada diperingkat kedua dari turnamen yang sudah berjalan separuh jalan itu.
Aronian sendiri saat ini menduduki peringkat 4 dunia, telah lama dianggap sebagai saingan utama Juara Dunia Magnus Carlsen.
Dalam 2 kali pertemuan Naka dan Levon di Piala Sinquefield 2014 berakhir dengan imbang. Dwitarung ini akan membuktikan, siapa diantara kedua pecatur ini yang terbaik.
Duel ini tentu saja akan dapat disaksikan secara langsung melalui internet dan akan dipandu dengan analisisi dan komentar oleh tiga pengajar tetap “Chess Club and Scholastic Center” yaitu Yasser Seirawan, GM Maurice Ashley dan WGM Jennifer Shahade.
GM Levon Aronian sendiri telah tiba lebih awal di St Louis dan tadi malam ia melakukan pertandingan pemanasan melawan enam kali Juara AS GM Yasser Seriawan. Keduanya memainkan 11 partai Blitz.
Yasser memimpin 5-2 dalam 7 partai awal, namun Aronian bangkit dengan 4 kemenangan beruntun untuk kemudian unggul dengan skor akhir 6-5.So .. dont miss it!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar